FH UNA Terapkan Adminitrasi Terpadu Sebagai Strategi Pelayanan Unggul


Kisaran, fh.una.ac.id – Semangat yang digaungkan oleh Rektor Universitas Asahan untuk mewujudkan Universitas Asahan unggul, ditanggapi serius oleh pimpinan dan staf Fakultas Hukum Universitas Asahan. Khususnya peningkatan kualitas pelayanan adminitrasi yang unggul dan prima. Pembenahan sistem pelayanan yang unggul dilakukan pihak fakultas dengan melakukan strategi melakukan pelayanan administrasi terpadu. Ruang yang selama ini tidak dimanfaatkan, kini dimanfaatkan untuk kegiatan administrasi.

Strategi pelaksanaan kegiatan administrasi dimulai dengan melakukan klasifikasi uraian tugas masing -masing baik tugas pimpinan fakultas, KTU hingga uraian tugas masing-masing staf yang bertugas di fakultas. Uraian tugas tersebut kemudian dibakukan dalam bentuk peraturan Dekan tentang Organisasi Tata Kerja (OTK) Fakultas Hukum Universitas Asahan, demikian dijelaskan oleh Junindra Martua, S.H., M.Si (18/5) selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keunagan Fakultas Hukum Universitas Asahan. Wadek II FH UNA menambahkan uraian tugas yang telah ditetapkan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: sosialisasi dimulai pada tanggal 03 Mei 2018 s/d 09 Mei 2018, masa persiapan dokumen 04 Mei 2018 s/d 19 Mei 2018, pengajuan kebutuhan dokumen/file 21 Mei 2018 s/d 26 Mei 2018, penerapan 21 Mei 2018 s/d 26 Mei 2018, efektif peraturan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2018.

Pelayanan administrasi di Fakultas Hukum Universitas untuk mewujudkan pelayanan unggul juga didukung dengan sistem jaringan LAN (Local Area Network) dimana pengerjaan jaringannya dilaksanakan dengan kemitraan dengan dosen-dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik UNA. Sehingga dengan adanya LAN  yang telah terbangun ini, koneksi setiap perangkat yang digunakan staf telah terintegrasi satu perangkat dengan lainnya. Keunggulan lainnya dari pembangunan jaringan LAN ini perangkat printer yang digunakan dapat dilakukan efesiensi, cukup 1 printer dan 1 mesin foto copy dapat melayani kebutuhan print out, yang mana selama ini bagi 1 staf yang bekerja membutuhkan 1 printer, sehingga dengan strategi ini dapat dilakukan efisiensi.

Pelayanan unggul merupakan  harapan mahasiswa dan merupakan kewajiban pimpinan dan staf fakultas, demikian komentar yang disampaikan oleh Bahmid, S.H, M.Kn (18/5) selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Asahan ditemui dimeja kerjanya. Peningkatan kualitas layanan unggul yang sedang dirancang tentunya telah melalui proses diskusi panjang dengan Rektor Universitas Asahan, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Dr. Tri Harsono  selaku Warek I khusnya dengan Drs. Zulkili Simatupang, M.AP selaku Warek II Bidang Adminitrasi dan Keuangan. Efektivitas penyelenggaraan sistem pelayanan terpadu ini juga mendapat dukungan pendanaan yang bersumber dari Rektor Universitas Asahan dan Yayasan Universitas Asahan, demikian ditambahkan oleh Dekan Fakultas Universitas Asahan. (Dhani)