Fakultas Hukum Universitas Asahan Menyelenggarakan Pendidikan Dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH)


Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) Fakultas Hukum Universitas Asahan pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 11 s/d 12 Mei 2018 bertempat di Aula Fakultas Hukum Universitas Asahan Lantai II. PLKH Fakultas Hukum Universitas Asahan diikuti oleh 111 orang mahasiswa yang duduk di bangku kuliah pada Semester VI.

Acara Pembekalan PLKH Fakultas Hukum di buka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Asahan oleh Bapak Ir. H. Anssoruddin Harahap, M.P. dan didamping Dekan, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi serta Ketua & Sekretaris Panitia PLKH Fakultas Hukum Universitas Asahan.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni Universitas Asahan Bapak Ir. H. Ansoruddin Harahap, M.P. mengatakan kepada seluruh peserta PLKH bahwa metode pembelajaran tentang keadilan sosial lebih dikedepankan untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai penegak hukum yang bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga perlu adanya penguatan atau pengembangan mahasiswa dalam hal penerapan antara teori dengan prakteknya.

Sementara dalam sambutannya Dekan Fakultas Hukum Universitas Asahan Bapak Bahmid, S.H., M.Kn. kepada seluruh peserta PLKH mengatakan bahwa kegiatan PLKH merupakan kegiatan Akademik yang dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum FH-UNA, dimana dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan langsung dari praktisi hukum akademisi dari PT lain. Kemudian mahasiswa nantinya akan melaksanakan klinis di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama. Dan dalam kesempatan tersebut Dekan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan narasumber yang telah berpartisipasi dalam kegiatan PLKH yang akan berlangsung pada bulan Juli, sementara pada hari Senin tanggal 14 Mei 2018 akan dilaksanakan penyerahan mahasiswa PLKH ke PN dan PA untuk mengikuti klinis hukum tambah Bahmid, S.H., M.Kn.

Sambutan Ketua Panitia Pelaksanana PLKH Ibu Nurliana Ritonga, S.H., M.Hum.  Diharapkan dengan adanya pelaksanaan PLKH ini para peserta dapat mengambil ilmu pelajaran yang disampaikan dari para narasumber yang ahli dibidangnya masing-masing, selanjutnya beliau mengatakan bahwa tujuan dan target kegiatan PLKH ini adalah untuk memberikan pemahaman dasar-dasar filosofi penelitian hukum dalam hal ini mengenali berbagai konsep hukum dan implikasi pada metode penelitiannya dan memberikan pemahaman mengenai hal-hal teknis yang perlu dipraktekkan peserta dikehidupan bermasyarakat. Dengan adanya pendidikan hukum klinis, mahasiswa Fakultas Hukum dapat menerapkan teori-teori yang didapatkan dalam bangku kuliah  melalui tindakan nyata dan mampu melakukan pengembangan konsep pendidikan hukum klinis yang terintregasi dalam kurikulum fakultas hukum, yang bertujuan pada access justice bagi masyarakat

Para Narasumber yang hadir antara lain : Bapak Dr. Armansyah Lc, M.H. dari Instansi Pengadilan Agama Kisaran, Ibu Dr. Ulina Marbun, S.H., M.H. dari Instansi Pengadilan Negeri Kisaran, Bapak Dr. Budi Sastra Panjaitan, S.H., M.H. Merupakan Alumni Fakultas Hukum Universitas Asahan Angkatan I dan Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum UINSU Medan, Bapak Tri Purnomo Widodo, S.H. dari PERADI Asahan Tanjung Balai Batubara (ASTARA), Bapak  IPDA Erwin Syarizal, S.H.  Merupakan Alumni Fakultas Hukum Universitas Asahan perwakilan dari Instansi Polres Asahan. Dan acara pembekalan PLKH ditutup dengan memberikan penghargaan kepada seluruh Narasumber.

Turut hadir dalam acara PLKH Bapak Ir. H. Ansoruddin Harahap, M.P. (Wakil Rektor III), Bapak Zaid Afif, S.H., M.Hum. (Pengurus Yayasan Universitas Asahan) Bapak Bahmid, S.H., M.Kn. (Dekan Fakultas Hukum Universitas Asahan) Suriani,. S.H., M.H. (Wakil Dekan I) Bapak Junindra Martua, S.H., M.Si (Wakil Dekan II) Bapak Ismail, S.H., M.H. (Wakil Dekan III) Ibu Irda Pratiwi, S.H., M.Kn. (Ketua Program Studi Ilmu Hukum), Rahmat, S.H., M.H. (Sekretaris Program Studi Ilmu Hukum) Ibu Nurliana Ritonga, S.H., M.Hum (Ketua Panitia PLKH) Bapak Salim Fauzi Lubis, S.H., M.H. (Sekretaris Panitia PLKH), Bapak Pandapotan Nasution, S.E. (Kepala Tata Usaha FH-UNA ) dan Mahasiswa Semester VI (Peserta PLKH Fakultas Hukum Universitas Asahan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *