Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Asahan Laksanakan Klinis Di Pengadilan Agama Dan Pengadilan Negeri Kisaran


Kisaran, fh.una.ac.id – Mahasiwa Fakultas Hukum Universitas Asahan melaksanakan klinis hukum pada Pengadilan Agama Kisaran dan Pengadilan Negeri Kisaran yang dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2018. Pembukaan sekaligus penyerahan mahasiswa peserta klinis dilaksanakan terpisah. Pembukaan dan penyerahan Mahasiswa klinis dilaksanakan di Pengadilan Agama Kisaran pada pukul 09.00 s/d 10.00 bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Kisaran. Sedangkan pembukaan dan penyerahan peserta kilinis pada pengadilan Negeri Kisaran dilaksanakan pada pukul 10.30 s/d 11.30.

Pembukaan sekaligus penyerahan Mahasiswa kepada Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Kisaran dihadiri peserta klinis dan panitian PLKH diantara Nurliana Ritonga, S.H., M.Hum (Ketua), Salim Fauzi Lubis, S.H., M.H (Sekretaris). Turut  hadir dari rombongan pimpinan Fakultas Bahmid, S.H., M.Kn (Dekan) Suriani, S.H., M.H (Wadek I) Ismail, S.H., M.H (Wadek III) Irda Pratiwi Nasution, S.H., M.Kn (Ketua Prodi) dan Rahmat, S.H., M.H (Sekretaris Prodi) Kehadiran rombongan disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Drs. H. Alimuddin Nst, S.H., M.H. beserta sekretaris Pengadilan Agama, ditempat terpisah di Pengadilan Negeri Kisaran rombongan Fakultas Hukum di sambut oleh Wakil Ketua PN Kisaran Dr. Ulina Marbun, S.H., M.H dan Miduk Sinaga S.H.

Acara Pembukaan di pengadilan Agama Kisaran, dimulai dengan acara pembukaan oleh Ayu Andira Marpaung, yang dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Alwin Rais Lubis. Dalam sambutan Direktur Klinis Hukum Nurliana dalam sambutannya melaporkan kegiatan klinis hukum yang dilaksanakan selama 30 hari dengan peserta yang mengikuti kegiatan klinis di Pengadilan Agama Kisaran dan di Pengadilan Negeri Kisaran sebanyak 115 peserta.

Sambutan dan penyerahan mahasiswa oleh Dekan Fakultas, dalam sambutannya Bahmid, S.H., M.Kn. menyatakan Pada acara pembukaan di Pengadilan Negeri Kisaran Bahmid, SH., MKn menyatakan ucapan terimakasih, menjaga tata tertib dan sebagai peserta klinis terikat pada norma-norma hukum yang berlaku di Pengadilan Negeri Kisaran  untuk menjaga nama baik Fakultas Hukum. Serta dapat berinteraksi dengan hakim terkait dengan ilmu yang selama ini didapatkan di Fakultas Hukum. Semoga melalui Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) mahasiswa Fakultas Hukum mendapatkan banyak ilmu yang didapat selama ini di Fakultas Hukum serta mendapatkan ilmu secara praktek di Pengadilan Negeri Kisaran, dan mendapatkan wawasan yang mematangkan disiplin ilmu dibidang Hukum Acara Pidana dan Hukum Acara Perdata. Sembari dari hal tersebut mahasiswa Fakultas Hukum dapatkan memiliki keyakinan akan ilmu hukum yang akan mereka miliki dan terapkan didunia pekerjaan nantinya. Harapan tidak sampai pada Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) ini saja tetapi akan diharapkan nantinya mereka bisa menjadi salah satu dari penegak hukum yang ada di Pengadilan Negeri. Yang akan nantinya memberikan nama baik Fakultas Hukum Universitas Asahan yang akan mampu bersaing dengan Universitas lain yang ada di Indonesia. Terlebih mereka akan bisa memberikan nama baik keluarga serta orang tua mereka yang sudah memberikan dukungan mereka sampai ke jenjang perkuliahaan. Harapan juga Mahasiswa Fakultas Hukum untuk selalu menjaga sikap dan tingkah lakunya selama proses persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus menerima mahasiswa dan membuka cara klinis oleh Ketua Pengadilan agama Kisaran Bapak Drs. H. Alimuddin Nst, S.H., M.H. dalam sambutannya beliau mengatakan terimakasih atas kepercayaan kepada Pengadilan Negeri dengan menempatkan mahasiswa klinis pada instansi Pengadilan Negeri. Agar banyak bertanya kepada hakim setelah selesainya persidangan dan selalu menjalin hubungan komunikasi dengan Kepaniteraan Pengadilan Agama. Pada Kepaniteraan bisa didapatkan oleh Mahasiswa Fakultas Hukum agenda persidangan yang akan digelar sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Kepaniteraan Pengadilan Agama. Serta harapan pada mahasiswa Fakultas Hukum dapat menjaga sikap dan tingkahlaku pada saat berlangsungnya proses persidangan di Pengadilan Agama dan selalu menjaga nama baik almamater Universitas Asahan.

Ditempat terpisah, Klinis hukum Fakultas Hukum di Pengadilan Negeri Kisaran Acara Pembukaan di Pengadilan Agama Kisran, dimulai dengan acara pembukaan oleh Mana Kebenaran Ndru, yang dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Muhammad Bima Satria. Dalam sambutan Direktur Klinis Hukum yang diwakili oleh Salim Fauzi Lubis, S.H., M.H.  dalam sambutannya melaporkan kegiatan klinis hukum yang dilaksanakan selama 30 hari dengan peserta yang mengikuti kegiatan klinis di Pengadilan Agama Kisaran dan di pengadilan Negeri Kisaran sebanyak 115 peserta dan mengucapkan terimakasih atas sambutan dari pengadilan Negeri Kisaran.

Pada acara pembukaan di Pengadilan Negeri Kisaran Bahmid, SH., M.Kn. menyatakan ucapan terimakasih, menjaga tata tertib dan sebagai peserta klinis terikat pada norma-norma hukum yang berlaku di Pengadilan Negeri untuk menjaga nama baik Fakultas Hukum Universitas Asahan. Dengan mengikuti tata tertib dalam persidangan dan memperhatikan setiap agenda persidangan hal-hal yang penting yang dapat membangun wawasan ilmu hukum mahasiswa Fakultas Hukum yang selama ini di dapat pada Fakultas Hukum. Dan selalu bertanya kepada para hakim bagian yang tidak dimengerti serta selalu meminta bimbingan agar dapat mengikuti proses acara Perdata Agama pada Pengadilan Agama Kisaran. Melalui Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) mahasiswa Fakulta Hukum dapat mengembangkan pengetahuannya baik di perkuliahaan maupun yang ada di masyarakat. Harapan tidak henti-hentinya semoga dikemudian hari melalui Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) memantap disiplin ilmu mahasiswa Fakultas Hukum untuk menjadi penegak hukum yang menjalankan seluruh ketentuan perturan yang selama ini mereka dapatkan, bila dimungkinkan dikemudian hari mahasiswa Fakultas Hukum memiliki keinginan untuk menjadi Penegak Hukum seperti menjadi seorang hakim pada Pengadilan Agama. Mahasiswa Fakultas Hukum untuk menjaga ketertiban selama berlangsungnya persidangan.

Dr. Ulina Marbun, terimakasih atas kepercayaan kepada Pengadilan Negeri dengan menempatkan mahasiswa klinis pada instansi Pengadilan Negeri. Agar banyak bertanya kepada hakim setelah selesainya persidangan. Serta selalu proaktiv untuk mengetahui rangkaian proses persidangan baik perkara pidana dan perdata pada Pengadilan Negeri Kisaran. Serta selalu bertanya kepada bagian kepaniteraan Pengadilan Negeri Kisaran mengenai agenda persidangan yang akan dilaksanakan dimuka persidangan. Sehingga peserta klinis mendapatkan data-data yang dibutuhkan serta dapat di muat dalam laporan klinis. Kemudian selama kegiatan klinis Fakultas Hukum di Pengadilan Negeri Kisaran diharapkan semua mahasiswa tertib dalam mengikuti setiap agenda persidangan agar dalam berlangsungnya proses persidangan para hakim dalam melaksanakan persidangan dapat tenang dalam menjalankan persidangan, serta mahasiswa Fakultas Hukum dapat mendengarkan proses persidangan secara jelas dan dapat memahami setiap persidangan.

Setelah acara pembukaan dilaksanakan peserta klinis, Dekan Fakultas Hukum dan jajarannya melakukan foto bersama dengan Ketua Pengadilan Agama Kisaran sementara ditempat terpisahan melakukan Foto bersama dengan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kisaran Dr. Ulina Marbun, S.H., M.H. dan Miduk Sinaga, hakim Pengadilan Negeri Kisaran sekalgus Humas di Pengadilan Negeri Kisaran (KBFH-UNA/Dani)